Kata Pengantar

Sebelum mulai, adalah penting mengkaji ulang sejumlah fakta-fakta dasar dan istilah-istilah mengenai Islam dan struktur otoritasnya. Kitab Suci pertama dan yang terutama mengenai Islam tentu saja Qur’an. Qur’an dapat dianggap sebagai Alkitabnya Islam dan ini adalah kitab suci utama dari Islam. Qur’an seluruhnya diberikan oleh Muhammad, pendiri dan “Nabi” Islam. Makna kata “Qur’an” dalam bahasa Arab adalah “pembacaan” atau “pengajian”. Kitab ini terdiri dari 114 pasal yang disebut Surah.

Meskipun demikian, Qur’an bukanlah satu-satunya sumber tradisi suci atau yang diinspirasikan dalam Islam. Oleh karena jika ia disebut sebagai satu-satunya teks Islam yang dianggap sebagai kata-kata literal dari Allah maka Sunna juga dianggap setara nilainya bagi seluruh Muslim. Kebanyakan Sunna ditemukan dalam sejumlah koleksi tradisi yang dikenal sebagai Hadis. Ingatlah kata itu, sebab ia akan banyak dipakai di seluruh buku ini. “Sunna” dalam bahasa Arab secara literal artinya “jalan yang jelas atau seimbang”. Kata ini menunjuk pada apa yang dikatakan oleh Muhammad, yang ia lakukan, hal-hal yang ia maafkan atau kutuki. Ini adalah catatan mengenai perkataan-perkataan Muhammad, kebiasaan-kebiasaan, ajaran-ajaran atau contoh-contoh yang ia tinggalkan kepada semua Muslim untuk mereka ikuti. Muslim memandang Muhammad sebagai contoh sempurna dari seluruh mahluk hidup. Doktrin ini dinyatakan dengan jelas dalam Qur’an:

Jika engkau mengasihi Allah, maka ikutlah Aku (Muhammad)

Surah 3:31


Apa pun yang dikatakan atau dilakukan oleh Muhammad, menjadi dasar yang harus ditiru oleh seluruh orang beriman. Sunna sama pentingnya dengan Qur’an sebab ia mengintepretasikan Qur’an. Tanpa Sunna, maka Qur’an tidak akan bisa dipahami dengan tepat. Pada kenyataannya, banyak aspek dan praktek dari agama Islam tidak disebutkan dalam Qur’an tetapi hanya ditemukan dalam Sunna. Sebab itu, Qur’an dan Sunna bersama-sama membentuk dasar bagi keyakinan dan praktek-praktek yang harus dilakukan oleh Muslim dimana pun mereka berada. Dalam hal ini, Qur’an dan Sunna diyakini sebagai kitab yang diinspirasikan dan otoritatif. Saat dikonfrontasikan dengan sejumlah aksi kekerasan atau pengajaran-pengajaran dasar maupun praktek-praktek Islam, kebanyakan apologis Muslim akan mengajukan pertanyaan: “Dimana hal itu dikatakan dalam Qur’an?” Ini adalah sebuah usaha yang sengaja mereka lakukan untuk menyesatkan si penanya. Sebab, sebagaimana dikatakan di atas, apakah ajaran itu ditemukan dalam Qur’an atau hanya ditemukan dalam Sunna, tetapi itu semua adalah sebuah aspek esensial dari Islam.

12 komentar:

  1. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

    ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

    PARA PEMBACA SEKALIAN YANG DIRAHMATI ALLAH, BLOG DI SITUS INI ADALAH BLOG SITUS BOHONGAN, HANYA UNTUK MENGADU DOMBA ANTAR UMMAT BERAGAMA DI INDONESIA, SEBAGAIMANA TEORY DEVIDE ET IMPERA NYA PENJAJAH, YANG TIDAK SUKA DENGAN KEBERADAAN NEGARA KITA YANG MAKMUR SAN DAMAI. PENDUDUK NYA MAJEMUK DAN BERAGAM. SEGALA PEMELUK AGAMA HIDUP RUKUN BERDAMPINGAN DI SINI, DI NEGERI INI.
    SEKALI LAGI JANGAN GANGGU NEGERI KAMI YANG DAMAI INI WAHAI (KAHLID BOHONGAN)ATAU
    -Khaled Waleed, Arab Saudi PALSU ALIAS PENIPU
    DI BAWAH INI HASIL DARI "WHO IS" NYA ATAU INGIN TAHU DI MANA BIKIN NYA, KAPAN DIBUAT BLOG INI, ORANG MANA DIA ATAU NO IP NYA

    http://www.blogspot.com Thumbnail
    IP: 66.102.7.191
    IP Location: Mountain View, United States
    Website Status: active
    Server Type: GSE
    Alexa Trend/Rank: 1 Month: 7 3 Month: 7
    Page Views per Visit: Up Arrow 1 Month: 5.3 3 Month: 5.2

    KEPADA PEMERINTAH C/Q MENKOM INFO, KAMI MINTA TOLONG UNTUK MELAPORKAN KEPADA PIHAK PENGELOLA BLOG UNTUK MENGHAPUS LEBIH BANYAK LAGI BLOG BOHONGAN SEPERTI INI, YANG ISINYA HANYA MENGADU DOMBA PENDUDUK NEGERI INI, MEREKA ORANG INDONESIA YANG TINGGAL DI LUAR NEGERI, DIBIAYAI UNTUK JADI TUKANG FITNAH DAN DISURUH JADI PENGKHIANAT UNTUK NEGERI NYA SENDIRI DENGAN CARA MENGADU DOMBA PENDUDUK NEGARA INDONESIA. BAGI KAMI YANG TIDAK MEMPERMAS'ALAHKAN AGAMA APAPUN HIDUP RUKUN DI NEGERI INI "NKRI HARGA MATI" !!!

    BalasHapus
  2. lihatlah dulu islam dari berbagai sudut wahai saudaraku.. tidak semua muslim berpesta atas peristiwa2 terorisme yang sebagian dilakukan mujahidin,, terdapat perbedaan yang kompleks dalam hal ini.. saya mengutuk tindakan tersebut,, saya juga seorang muslim dan saya juga mengutuk tindakan2 yang dilakukan isralel di palestina, jalur gaza, libanon dan tepi barat. jika semua muslim seperti yang anda interprestasikan sesungguhnya dunia ini suda tak berpenghuni manusia.. wallahualam. semoga kita tidak menjadi sesat dan sombong ketika kita mengetahui kebenaran

    BalasHapus
  3. Kita memilih Islam jangan melihat orang Islam yang melakukan kesalahan, namun yang perlu diperhatkan bagiaman ajaran Islam yang sesungguhnya.....(Lihatlah ajarannya , jangan lihat orangnya) karena orang cenderung berbuata salah, maka tunutunan yang benr...

    kit juga agama lain terhadap Islam...lihatlah di Tailand, Masjid dibakar, di India muslim diserang, di Palestina, muslim jadi sasaran Temabk Zionis... diperancis muslim dilrang mendirikan masjid, sehingga jumatan sampai di jalan-jalan...di Philipina selatan, muslim jadi sasaran tembak dst... setiap muslim minoritas pasti tidk ada kebebasan untk melaksanakan ibadahnya dan selalu dihalang2i melaksanakan ibadahnya, alangkah beratnya muslim tatkala minoritas, akan tetapi ketika muslim mayoritas agama lain terjamin untuk melaksanakan ibadah dan keyakinannya... Indonesia, malaysia, minoritas berhak hidup rukun dengan mayoritas muslim...dst

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada awal nya aku sependapat dengan mu.itu hanya perbuatan oknum saja bukan agamanya. TernyatA,anda dan aku salah besar. Setelah dengan bijak diteliti di agama lain pun tidak terlepas dari kekerasan dan kejahatan spt yg anda sebut namun ada hal yg besar yg membebaskan,yakni bila islam melakukan hal yg jahat dan mati maka mereka telah melakukan peri ntah danqwahyu aouloh dengan baik dan mereka dapt pahala 72bidadari perrawan serta mereka merasa amat bangga.sedang mereka yg agama lain melakukan hal demikian mereka melawan perintah Allah mereka yg tdk boleh berbuat jahat apapun alasanya sertA melawan batin mereka. Jadi islam membuahkan hal yg tidak baik. Bila pohon yg baik pasti buahnya baik.

      Hapus
    2. Pada awal nya aku sependapat dengan mu.itu hanya perbuatan oknum saja bukan agamanya. TernyatA,anda dan aku salah besar. Setelah dengan bijak diteliti di agama lain pun tidak terlepas dari kekerasan dan kejahatan spt yg anda sebut namun ada hal yg besar yg membebaskan,yakni bila islam melakukan hal yg jahat dan mati maka mereka telah melakukan peri ntah danqwahyu aouloh dengan baik dan mereka dapt pahala 72bidadari perrawan serta mereka merasa amat bangga.sedang mereka yg agama lain melakukan hal demikian mereka melawan perintah Allah mereka yg tdk boleh berbuat jahat apapun alasanya sertA melawan batin mereka. Jadi islam membuahkan hal yg tidak baik. Bila pohon yg baik pasti buahnya baik.

      Hapus
    3. Inti dr ajaran.Islam adalah ajaran yg menerapkan RAHAMATAN.LIL ALAMIN baik bg sesama.umat Islam.maupun kpd umat non muslim.Jd jk ada perilaku dan.tindakan.umat muslim yg tdk membuktikan bhw.perilaku dan.tindakannya itu menjd RAHMATAN LIL ALAMIN bg segenap manusia dan.semesta alam berarti dia sdg salah memahami ajaran sejati dr ajaran kesempurnaan dr ajaran Islam.Dia msh jalani dan.msh.meniru perilaku dan tindakan dr umat nonmuslim spt tindakan Zionis yg sdh merasa benar.pdhl mrk sdh jauh meninggalkan ajaran.sejati dr yg diturunkan Nabi Musa as.Jd apapun agama klo mrk lakukan perilaku kalap hg haus darah berarti dia sdh tinggalkan perilaku ajaran.agamanya sendiri.Jd slm dia tdk berbuat yg RAHMATAN LIL ALAMIN mk slm itu dia tdk berada dlm KEBENARAN TUHAN YME tp dia sdg berada dlm.kebenaran setan yg ditutupi dg demi.kebenaran Tuhan.....dan ttg ini sejarah agama apa pun sering memunculkan perilaku oknum yg dmkn.
      Ini klo kita mau pahami dg baik dan benar...

      Hapus
  4. Ketika Islam Dituduh
    Teroris, Bantahan
    Mualaf ini Bungkam
    Mulut si Penuduh
    Penulis Yousuf Ibraheem -
    September 19, 2015 104899
     10
    (Pijar.net ) – Pierre Vogel, seorang
    ulama muda asal Jerman,
    memiliki cara tersendiri bagaimana
    membantah tuduhan
    bahwa Islam adalah agama Terroris.
    Ulama mu’alaf yang bersyahadat
    pada tahun 2001 itu, membantah
    lawan dengan jawaban yang simpel,
    logis, dan amat mengena hingga bisa
    membuat mulut si penuduh bungkam
    tak sanggup berkata-kata.
    Dalam sebuah ceramahnya, ia
    menyampaikan bagaimana cara ia
    menyangkal tuduhan itu. Ketika Islam
    dituduh sebagai agama Teroris,
    padahal:
    – Siapakah yang menyulut perang
    dunia pertama?
    – Siapakah yang menyulut perang
    dunia kedua?
    – Siapakan yang selalu menjajah
    sebuah negara damai, aman,
    tenteram hanya untuk kepentingan
    ekspansi?
    – Siapa yang selalu menyiarkan
    sebuah ajaran agama dengan cara
    menjajahnya terlebih dahulu?
    – Siapakah yang menjatuhkan bom
    atom atas Hiroshima dengan keji,
    tidak berperikemanusiaan, dan
    mengorbankan jutaan rakyat sipil?
    – Siapakah yang membantai 20 juta
    suku Aborigin di Australia?
    – Siapakah yang membantai lebih dari
    100 juta suku indian merah di Benua
    Utara Amerika?
    – Siapakah yang membantai lebih dari
    lebih dari 50 juta Indian merah di
    benua Selatan Amerika?
    – Siapakah yang menjadikan lebih dari
    150 juta manusia dari Afrika sebagai
    budak (apartheid), Diantara 77 % dari
    mereka mati di perjalanan dan
    dikubur di lautan Atlantik?
    – Siapa yang selalu tertarik untuk
    menguasai serta “merampas” minyak
    suatu negara baik dengan cara
    mengadu domba negara tersebut,
    mendanai oposisinya, menyebar
    fitnah bom, membuat negara tersebut
    tak kunjung ada kedamaian?
    – Siapa renternir dunia (IMF) yang
    justru membuat negara pasiennya
    jadi tambah sengsara dengan system
    busuk dan kejinya?
    – Siapa pelaku dan pendukung
    penjajahan, perampasan lahan
    masyarakat, pembantaian warga
    Palestina dari tahun 1948 hingga
    sekarang?
    – Siapa pelaku dan pendukung krisis
    dibeberapa negara dengan cara
    membuat nilai dollar (dengan cara
    licik) menjadi tinggi hingga negara
    tersebut tidak sanggup membayar
    utang dollar dan harus menjual
    berbagai asetnya?
    – Siapa pelaku yang selalu menghina
    dan melecehkan sebuah ajaran
    agama baik dengan menghina tokoh
    agamanya atau membakar kitabnya?
    Mereka sama sekali bukan negara
    Islam maupun orang Islam? Bukalah
    mata Anda, siapa sesungguhnya yang
    jahat!
    Skakmat !..
    Ku postingin ini bukan atinya terlalu brharap kamu..kmbali atau supaya msuk islam...tidak apa tetplah kfir agar kmu mrsakan dahsyiat neraka.

    BalasHapus
  5. Ketika Islam Dituduh
    Teroris, Bantahan
    Mualaf ini Bungkam
    Mulut si Penuduh
    Penulis Yousuf Ibraheem -
    September 19, 2015 104899
     10
    (Pijar.net ) – Pierre Vogel, seorang
    ulama muda asal Jerman,
    memiliki cara tersendiri bagaimana
    membantah tuduhan
    bahwa Islam adalah agama Terroris.
    Ulama mu’alaf yang bersyahadat
    pada tahun 2001 itu, membantah
    lawan dengan jawaban yang simpel,
    logis, dan amat mengena hingga bisa
    membuat mulut si penuduh bungkam
    tak sanggup berkata-kata.
    Dalam sebuah ceramahnya, ia
    menyampaikan bagaimana cara ia
    menyangkal tuduhan itu. Ketika Islam
    dituduh sebagai agama Teroris,
    padahal:
    – Siapakah yang menyulut perang
    dunia pertama?
    – Siapakah yang menyulut perang
    dunia kedua?
    – Siapakan yang selalu menjajah
    sebuah negara damai, aman,
    tenteram hanya untuk kepentingan
    ekspansi?
    – Siapa yang selalu menyiarkan
    sebuah ajaran agama dengan cara
    menjajahnya terlebih dahulu?
    – Siapakah yang menjatuhkan bom
    atom atas Hiroshima dengan keji,
    tidak berperikemanusiaan, dan
    mengorbankan jutaan rakyat sipil?
    – Siapakah yang membantai 20 juta
    suku Aborigin di Australia?
    – Siapakah yang membantai lebih dari
    100 juta suku indian merah di Benua
    Utara Amerika?
    – Siapakah yang membantai lebih dari
    lebih dari 50 juta Indian merah di
    benua Selatan Amerika?
    – Siapakah yang menjadikan lebih dari
    150 juta manusia dari Afrika sebagai
    budak (apartheid), Diantara 77 % dari
    mereka mati di perjalanan dan
    dikubur di lautan Atlantik?
    – Siapa yang selalu tertarik untuk
    menguasai serta “merampas” minyak
    suatu negara baik dengan cara
    mengadu domba negara tersebut,
    mendanai oposisinya, menyebar
    fitnah bom, membuat negara tersebut
    tak kunjung ada kedamaian?
    – Siapa renternir dunia (IMF) yang
    justru membuat negara pasiennya
    jadi tambah sengsara dengan system
    busuk dan kejinya?
    – Siapa pelaku dan pendukung
    penjajahan, perampasan lahan
    masyarakat, pembantaian warga
    Palestina dari tahun 1948 hingga
    sekarang?
    – Siapa pelaku dan pendukung krisis
    dibeberapa negara dengan cara
    membuat nilai dollar (dengan cara
    licik) menjadi tinggi hingga negara
    tersebut tidak sanggup membayar
    utang dollar dan harus menjual
    berbagai asetnya?
    – Siapa pelaku yang selalu menghina
    dan melecehkan sebuah ajaran
    agama baik dengan menghina tokoh
    agamanya atau membakar kitabnya?
    Mereka sama sekali bukan negara
    Islam maupun orang Islam? Bukalah
    mata Anda, siapa sesungguhnya yang
    jahat!
    Skakmat !..
    Ku postingin ini bukan atinya terlalu
    brharap kamu..kmbali atau supaya
    msuk islam...tidak apa tetplah kfir agar
    kmu mrsakan dahsyiat neraka.

    BalasHapus
  6. Kalau negara dgn mayoritas Budha menyebut diri budhism country, mayoritas Hindu menyebut diri negara hindu n mayoritas kristen sebut diri negara kresten, dunia kacau krn dikotak2kan berdasar agama. Untungnya hanya negara mayoritas Islam sebut diri negara islam, sampai ada organisasi konperensi islam (OKI) utk negara2 islam. Eksklusivitas Aneh, hari gini dunia modern, msh kotak2kan negara atas dasar agama mayoritas islam.

    BalasHapus
  7. ini blog ngaco....hari gini adu domba pake bawa isu agama trus pake ngaku murtadin sgala alias mantan muslim...padahal klw di tanya hafal surah al ikhlas gak gw jamin pasti bengong trus pake jurus copas dri google deh...ini trik misionaris ngaku murtadin klw udh kepentok nanti ngaku atheis deh

    BalasHapus
  8. Saya kira blog ini bagus, memberikan perspektif lain ttg ajaran Islam. Selama ini kami, non-muslim kebingungan menyikapi aksi2 kekerasan mengatasnamakan agama Islam. Sejak Indonesia merdeka hingga kini gerakan separatis atau grup2 Islam di Indonesia selalu melakukan kekerasan dalam skala kecil hingga besar. Tuntutan mereka sama, berdirinya negara Islam Indonesia. Internet membuka mata kami, bahwa semua gerakan Islam itu memang ada dasar ideologi dan syariatnya. Selama ini saya tidak paham tentang itu. Proganda tentang Kebangkitan Islam dan ekspansi gerakan Islam transnasional (istilah ini saya ambil dari sumber BIN) mau tidak mau menakutkan bagi kami non-muslim. Meski nubuatan tentang masa sekarang sdh ditulis ribuan tahun lalu oleh Yohanes di kitab Wahyu. Terima kasih untuk blog ini menyadarkan saya memperdalam Firman Tuhan yang telah diinspirasikan kepada penulis - penulis Injil sejak ribuan tahun lalu. KebenaranMu, Tuhan Yesus nyata, saya menjadi tidak takut, karena semua sudah dinubuatkan dalam Injil dengan sempurna. Hanya mereka yang mau dan benar - benar mencari hikmat yang akan mengerti dengan sempurna Kebenaran Firman Tuhan.

    BalasHapus